Tips Supaya Cat Eksterior Tidak Gampang Mengelupas



Cat dinding eksterior rumah akan mengalami pengelupasan lebih cepat dan lebih mudah rusak dibandingkan dengan cat dinding yang diaplikasikan di dalam ruangan.

Biasanya, penyakit yang paling sering dialami oleh cat dinding eksterior diantaranya cepat pudar, terkelupas, mudah berjamur akibat cuaca yang berubah-ubah.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam hunian agar cat eksterior tahan lama.

Bersihkan dinding yang akan dicat

Sebelum mengaplikasikan cat ke dinding eksterior rumah, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kondisi dinding sudah kering dan bersih dari kotoran ataupun debu. Kemudian singkirkan barang-barang yang tidak perlu atau yang menempel pada dinding.

Pengecatan akan berjalan sempurna jika permukaan dinding eksterior rata tanpa adanya lubang maupun retak rambut. Jika ada, sebaiknya dempul dengan semen hingga kering sebelum melakukan pengecatan. Gunakan plamir instan dari Avian Brands yaitu Giant Mortar 220 untuk meratakan dan menghaluskan permukaan dinding eksterior dari berlubang dan retak rambut.

 

Gunakan cat khusus eksterior

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan cat dinding mudah rusak dan mengelupas adalah kamu tidak menggunakan cat dinding yang tepat. Maka dari itu pilihlah cat khusus eksterior. Sebab, cat khusus eksterior memiliki daya tahan yang jauh lebih lama dibandingkan cat interior. Selain itu, gunakanlah cat yang dapat menahan cuaca ekstrem, kotoran hingga jamur seperti Sunguard All-In-One.

 

 

 

 

 

 

 

Sunguard All-In-One merupakan cat eksterior bermutu tinggi yang diformulasikan khusus untuk menahan panas sehingga suhu ruangan 5 derajat Celcius lebih sejuk, warna tidak mudah pudar dan tidak mudah mengelupas karena perlindungan yang luar biasa terhadap sinar UV.

Menggunakan warna cat yang cerah

Pemilihan warna cerah sangat direkomendasikan untuk hunianmu. Warna cat rumah yang indah dapat memengaruhi visual rumah serta orang-orang yang melihatnya.

Warna cerah lebih direkomendasikan karena dalam warna tersebut terdapat pigmen yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan warna-warna gelap.

Pigmen inilah yang membuat risiko cat pudar lebih cepat akan semakin berkurang. Warna yang bisa kamu terapkan pada eksterior rumah antara lain warna kuning, merah muda, putih, hijau muda dan sebagainya.

 

 

Mengecat menggunakan roller

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah proses pengecatan. Supaya cat eksterior tidak gampang mengelupas yaitu menggunakan alat mengecat yang tepat dengan menggunakan jenis roller saja.

Tidak hanya memberikan hasil yang lebih baik, alat ini juga mempercepat proses pengerjaan. Gunakan pola pengecatan menyerupai huruf “WS” ataupun “MS”.

Jangan lupa, untuk melakukan pengecatan dari sisi dinding yang telah kering agar menghilangkan jejak roller tersisa pada dinding. Hindari penggunaan kuas yang memiliki bulu pendek, sebab jenis kuas ini tidak bisa menyerap cat dengan baik dan dapat meninggalkan bekas pada dinding.