Solusi Bersihkan Dinding Rumah Pasca Banjir

Banjir di awal tahun 2020 tidak hanya meninggalkan cerita, tetapi juga meninggalkan sisa kotoran yang terbawa saat banjir. Setelah air surut, pastinya bukan pekerjaan mudah dalam membersihkan rumah dari semua sisa kotoran lumpur yang menempel di lantai, furniture hingga dinding rumah. Apabila tidak segera dibersihkan, akan menimbulkan berbagai kuman penyakit, bau tidak sedap serta noda berwarna coklat di dinding akibat banjir.

Kotoran atau noda yang menempel di permukaan dinding tentu akan merusak keindahan tampilan hunian kesayanganmu. Sebelum membersihkan dinding dari lumpur, pastikan kamu mengetahui jenis cat dinding yang digunakan. Banyaknya jenis finishing cat dinding , seperti flat, eggshell, glossy, semigloss dan lain sebagainya, membutuhkan cara berbeda untuk membersihkannya agar tidak merusak tekstur cat dinding . Oleh karena itu, penting untuk mengenali jenis cat yang digunakan pada dinding ruangan sebelum memilih cairan pembersih untuk membersihkan tembok kotor pasca banjir, dengan langkah berikut:

Cat dinding flat, eggshell dan satin

Gunakan spons dan kain lembap untuk membersihkan noda banjir di pelapis dinding jenis flat, eggshell dan satin. Sedangkan untuk cat dinding berbasis minyak, bisa siapkan satu ember air yang dicampur cuka atau detergen. Lalu siapkan juga satu ember air bersih. Kemudian, rendam spons halus ke dalam larutan pembersih. Peras spons sampai tidak terlalu basah. Gosok dengan halus bagian dinding yang kotor sampai bersih. Langkah selanjutnya, lap bagian dinding yang sudah dibersihkan tadi dan bilas dengan air bersih.

Cat dinding lateks

Untuk membersihkan dinding dengan jenis cat dinding ini, kamu bisa campurkan soda kue dengan sedikit tetes air dan satu ember air hangat. Gunakan spons atau kanebo yang sudah direndam air hangat. Peras spons dan gosokkan ke permukaan dinding yang terdampak noda banjir dengan cara melingkar hingga kotoran memudar.

Untuk membersihkan dinding dengan jenis cat dinding ini, kamu bisa campurkan soda kue dengan sedikit tetes air dan satu ember air hangat. Gunakan spons atau kanebo yang sudah direndam air hangat. Peras spons dan gosokkan ke permukaan dinding yang terdampak noda banjir dengan cara melingkar hingga kotoran memudar.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan dinding pasca banjir. Semoga bisa menjadi solusi dan inspirasi untuk kamu para pemilik hunian. Selamat mencoba!