Rumah Sejuk Meski Tanpa AC? Ini Tipsnya

Tinggal di negara dengan iklim tropis, cuaca panas bukanlah hal yang terasa asing. Untuk membuat suhu rumah menjadi sejuk, tak jarang kamu menggunakan bantuan Air Conditioner (AC). Penggunaan AC dengan intensitas tinggi tentu sangat berpengaruh terhadap biaya listrik yang ditanggung setiap bulannya. Alhasil, terkadang kamu berpikir jika AC bukanlah solusinya!

Nah, supaya  rumah sejuk dan nyaman tanpa perlu menggunakan AC, kamu bisa mencoba tips berikut ini.

 

1. Membuat langit-langit rumah yang tinggi

Cara ini memang salah satu cara yang terbilang klasik, namun percayalah kalau hal ini paling efektif untuk menciptakan ruangan dengan suasana teduh dan nyaman.

Langit-langit yang tinggi bukan hanya membuat sirkulasi udara yang masuk ke rumah lebih maksimal, tetapi juga membuat rumah jadi lebih terkesan luas dan nyaman.

 

2. Maksimalkan penggunaan ventilasi

 

Cobalah untuk membuat ventilasi di beberapa bagian rumah. Seperti misalnya membuat lubang pada bagian atap dengan bentuk segitiga atau bujur sangkar. Jumlah lubang ventilasi pun bisa kamu sesuaikan dengan iklim lingkungan di sekitar hunianmu.

Jika kamu tinggal di daerah perkotaan yang padat dimana hawa panas cukup dominan, maka buatlah lubang ventilasi dengan jumlah yang lebih banyak untuk membantu sirkulasi udara yang lebih baik bagi rumah.

 

3. Material penahan panas

 

Jika dengan plafon tinggi dan ventilasi rumah masih terasa panas, tidak ada salahnya beralih menggunakan material penahan panas. Material penahan panas ini mampu membuat suhu di dalam rumah sejuk dan berfungsi sebagai pelindung dari radiasi sinar UV matahari. Pada umumnya, penahan panas ini bentuknya lembaran berwarna yang bisa sangat efektif dalam melindungi bangunan dari panas.

 

4. Gunakan cat tembok khusus

 

Apabila kamu ingin menciptakan kesan rumah sejuk dan teduh, bisa dilakukan dengan cara memakai cat eksterior yang cerah seperti biru laut dan hijau. Dua jenis warna ini mampu menimbulkan kesan yang cerah namun tidak terasa panas.

Jika ada ruang yang arahnya menghadap ke selatan atau timur, kondisi seperti ini bisa menjadikan sinar matahari yang masuk dalam ruang intensitasnya semakin bertambah besar dibanding arah hadap yang lain.

Agar masalah ini bisa diatasi dengan baik, caranya adalah cat bagian dinding eksterior yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung dengan Sunguard All-In-One. Selain memberi warna pada dinding, juga melindungi dinding rumah dari panas dan membuatnya selalu sejuk.

Sunguard All-In-One diformulasikan untuk melindungi dinding eksterior dari terpaan cuaca ekstrem, diantaranya menahan panas, sehingga suhu ruangan 5 derajat Celcius lebih sejuk. Selain itu Sunguard All-In-One juga memiliki lapisan yang elastis yang dapat menutup retak rambut dengan sempurna. Kemampuan lainnya adalah menjaga dinding rumah tetap bersih, bebas dari jamur dan lumut.

 

5. Minimalisir sekat dalam rumah

Rumah yang lebih luas akan terasa lebih lega dan sejuk jika ditempati. Cobalah dan buktikan dengan hilangkan sekat antara ruang tamu dan ruang keluargamu.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan rumah sejuk tanpa harus pemborosan listrik dalam menggunakan AC setiap saat. Semoga bermanfaat!