Khawatir Rumah Bocor Di Musim Hujan? Simak Tipsnya Berikut Ini

Rumah Bocor kerap menjadi masalah yang biasa terjadi di musim penghujan. Kondisi tersebut sudah pasti amatlah menggangu penghuninya. Pasalnya, kamu harus direpotkan dengan memindahkan barang-barang seperti furniture yang ada di bawahnya. Tidak hanya itu, setiap hujan turun kamu pun perlu mewadahi tetesan air dengan ember atau apapun supaya air tidak membasahi ruangan yang lain.

Nah, supaya hal di atas tidak terjadi, ada baiknya kamu melakukan pencegahan dengan memastikan beberapa bagian rumah terpasang dengan benar tanpa adanya celah yang tertinggal, dimana bisa menyebabkan kebocoran saat hujan.

Sudut kemiringan atap

Semakin miring atap, maka semakin minim juga resiko atap tersebut mengalami kebocoran. Namun, atap yang terlalu curam juga kurang begitu baik, sebab membahayakan penghuni rumah dan lingkungan sekitar. Idealnya, kemiringan atap berkisar antara 30 derajat sampai 40 derajat.

Material atap

Sekarang ini beragam material yang bisa digunakan sebagai konstruksi atap rumah. Sebagai contoh genteng tanah liat, atap PVC, metal dan bitumen. Untuk menentukan mana atap yang terbaik untuk rumah, kamu perlu menyesuaikannya terlebih dahulu dengan intensitas dan curah hujan di daerah tempat tinggalmu.

Pilihlah bahan atap yang tahan cuaca, tahan terhadap angin dan tidak gampang retak. Atap berkualitas juga harus mudah dipasang tanpa meninggalkan celah sama sekali.

BBerikan cat pelapis anti bocor (waterproofing)

Kamu bisa menggunakan No Drop sebagai cat pelapis anti bocor yang bisa diandalkan untuk melindungi atap rumah dari kebocoran. Lapisan pada No Drop sebagai cat pelapis anti bocor mampu mencegah air hujan yang merembes melalui pori-pori atap. Selain pada permukaan atap, aplikasikan juga No Drop  pada titik-titik sambungan yang biasanya masih meninggalkan lubang kecil.

Batasi penggunaan talang

Talang kerap kali menjadi penyebab Rumah Bocor  Talang adalah saluran yang mengalirkan air dari permukaan atap menuju saluran pembuangan. Biasanya, bocor pada talang ini disebabkan oleh pemasangan yang kurang baik dan kualitasnya yang menurun akibat termakan usia. Jadi usahakanlah pembangunan yang kamu lakukan pada bagian talang dilakukan secara efektif agar bisa dibuat seminim mungkin. Semakin sedikit talang yang digunakan, maka semakin kecil pula kemungkinan terjadinya kebocoran.

 

 

Sampah di atas atap

Salah satu cara untuk mencegah Rumah Bocor  saat hujan yaitu dengan menjaga kebersihan atap rumah dari sampah. Sampah seperti daun-daun amat sering menjadi penyebab dari kebocoran. Jika banyak sampai yang menumpuk pada atap atau talang, maka akan menghambat aliran air untuk segera mengalir ke bawah dan pada akhirnya merembes ke sela-sela atap.