Kamar Mandi di Lantai Atas Rembes? Begini Cara Mengatasinya

Ketika membangun kamar mandi khususnya di lantai atas, pengecekan kebocoran sangatlah penting dilakukan. Tujuannya, agar tidak terjadi rembesan air dari lantai yang merambat ke dinding dan beberapa ruangan yang ada di lantai bawah.

Secara umum, terdapat beberapa cara untuk mencegah terjadinya rembesan air kamar mandi di lantai atas, yaitu dengan  menerapkan langkah-langkah seperti di bawah ini.

1.     Bersihkan lantai kamar mandi sebelum pemasangan keramik lantai. Kemudian siram lantai dengan air semen untuk menutupi pori-pori pada permukaan lantai beton.

Dengan menutup pori-pori lantai, maka potensi air rembes dapat diperkecil. Campurannya seperti adonan acian namun lebih encer.

2.     Dalam keadaan lembap, lapis lantai dengan lapisan anti bocor berbahan dasar semen, yaitu no drop 100Memiliki keunggulan sebagai pelapis anti bocor pada area yang menampung air.

Untuk hasil yang maksimal, lakukan pelapisan minimal 2 kali dengan pola tegak lurus.

3.     Lakukan tes kebocoran dengan menutup semua saluran pembuangan seperti floordrain. Kemudian alirkan air dan diamkan selama 2 sampai 3 hari.

Setelah itu, cek dak beton dari lantai di bawahnya apakah ada rembesan air yang tertampung. Ulangi langkah pertama jika masih terjadi jejak air di dak.

Solusi Jika Terlanjur Terjadi Kebocoran 

1.     Bongkar keramik latai di kamar mandi atas (apapun jenis keramiknya). Jika ada rencana untuk memasangnya kembali maka pembongkaran perlu dilakukan dengan hati-hati.

2.     Bersihkan lantai sampai benar-benar bersih. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa permukaan beton telah steril. Dengan begitu nantinya lapisan anti bocor bisa merekat dengan sempurna.

3.     Lakukan penambalan, jika beton retak. Suntik dengan grouting untuk memperbaiki strukturnya. Namun jika tidak terjadi keretakan, maka kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

4.     Pasang lapisan waterproofing. Pelapisan waterproofing diperlukan untuk membuat nat keramik siap untuk terkena air. Gunakan no drop 100 yang berfungsi sebagai pelapis anti bocor, yakni agar air tidak merembes ke bawah.

Setelah semuanya selesai, tahap terakhir adalah memasang kembali keramik lantai.

 

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah rembesan di kamar mandi. Semoga bermanfaat dan menginspirasi hunian kamu semua.

Selamat mencoba!