Jaga Kualitas Dinding di Musim Hujan dengan No Drop

Selain banjir, dinding rembes kerap kali jadi masalah di musim penghujan. Kalau tidak segera diatasi, dinding yang rembes lama kelamaan akan semakin terkikis ketahanannya, ditumbuhi lumut, jamur dan bahkan membuat ruangan jadi lembap dan berbau.

Agar tidak  mengalami hal tersebut, ada baiknya kamu melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mencegah bocor maupun rembes di rumah!

Cek Apakah Ada Retak Pada Dinding

Jika kamu ingin melakukan pengecatan ulang pada dinding yang rembes, cobalah untuk mengecek bagian dinding yang rembes dan juga sisi sebaliknya. Carilah retakan setipis apapun bahkan yang setipis rambut. Sifat air yang fleksibel bisa melewati celah kecil apalagi jika air dalam jumlah banyak seperti hujan deras.

Untuk mengatasi retakan pada dinding , cukup gunakan adonan semen instan putih dan masukkan ke retakan kecil tersebut dengan menggunakan lidi. Setelah itu baru lakukan pengecatan ulang.

Tips : Kamu bisa gunakan semen instant Giant Mortar GM-270.(https://avianbrands.com/product/detail/giant-mortar-270)

 

Cek Dinding Keramik Kamar Mandi Apabila Dinding Berbatasan Langsung Dengan Kamar Mandi

Biasanya dinding kamar mandi dilapisi dengan keramik agar percikan air tidak masuk ke dalam dinding ruangan sampingnya dan menyebabkan lembap atau berjamur. Cobalah mengecek bagian sela keramik adakah nat keramik yang lepas ataupun retak. Air yang sifatnya mudah merembes melewati celah-celah kecil akan membuat dinding jadi rembes.

Apabila ada yang retak, kamu bisa menambalnya kembali dengan adonan campuran semen instan putih dan No DROP 100 yang diformulasikan khusus untuk kamar mandi (https://avianbrands.com/product/detail/no-drop-100). Gunakan lidi untuk memasukkan adonan ke bagian retakan tadi. Selama tambalan belum kering, hindari percikan air ke bagian tersebut.

Lapisi Dinding Rembes Dengan Waterproof

Jika tambalan dengan semen menyebabkan tampilan dinding kamar menjadi tidak indah dan daya tahannya juga terbatas, kamu bisa menambal retakan dengan waterproofing atau No Drop Cat Pelapis Anti Bocor. Selain berfungsi untuk menambal keretakan pada dinding , waterproofing juga bisa mencegah tumbuhnya lumut dan jamur. Warnanya pun tersedia dalam beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera.

 

Cara Menambal Retakan Pada Dinding Dengan NO DROP  Cat Pelapis Anti Bocor

Alat dan bahan yang digunakan:

Amplas/ sikat kawat

-          - Tatakan

-          - Ember

-          - Pengaduk

-          - Air

-          - Kuas/ roll

- Waterproofing (pelapis anti bocor )

Caranya:

1.       Bersihkan permukaan dinding yang akan dilapisi waterproofing dari minyak, debu dan kotoran-kotoran lainnya. Bersihkan permukaan dinding menggunakan amplas atau sikat kawat. Jika ada beberapa noda yang susah dihilangkan siram dengan air panas terlebih dahulu.

2.       Setelah dinding benar-benar bersih, buatlah lapisan pertama (dasar). Untuk lapisan ini gunakan waterproofing yang dicampurkan dengan 20% air untuk mengencerkannya.

3.       Siapkan waterproofing untuk lapisan kedua dan ketiga tanpa campuran air.

4.       Sapukan lapisan pertama secara vertical (dari atas ke bawah). Tunggu sampai kering (minimal 2 jam). Gunakan kuas atau roll untuk mengecat.

Sapukan lapisan kedua secara horizontal (menyamping) kemudian sapukan lapisan ketiga secara vertical kembali.