Cara Pintar Melindungi Rumah dari Panas



Cuaca panas kerap kali membuat suhu khususnya di dalam ruangan meningkat. Hal tersebut membuat banyak orang memasang alat pendingin ruangan atau air conditioner (AC) agar ruangan lebih sejuk dan nyaman. Tetapi, penggunaan AC membuat tagihan listrik jadi membengkak. Untuk itu, buat kamu yang ingin menjaga suhu di dalam rumah tetap sejuk tanpa penggunaan AC, berikut tipsnya.

Gunakan material peredam panas

Salah satu cara supaya rumah tetap sejuk di siang hari yaitu dengan menghalau cahaya melalui jendela. Jika rumahmu memiliki jendela yang menghadap langsung ke arah datangnya sinar matahari, maka kamu bisa menggunakan kaca film untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk melalui jendela.

Selain itu, kamu juga bisa memilih material yang tahan panas, contohnya bata merah. Material yang terbuat dari tanah liat ini ternyata mampu menyerap panas dari luar rumah. Kamu bisa menambahkan cat anti panas pada dinding eksteriormu dengan Sunguard All-In-One. Formulasi khusus dari Sunguard All-In-One yang dapat menahan panas sehingga suhu ruangan 5 derajat Celcius lebih sejuk, sehingga dapat melindungi rumah dari panas.

 

Menanam tanaman di sekitar rumah

Maksimalkan tanaman di sekitar rumah untuk meredam hawa panas yang ada di sekitar rumah. Kamu bisa menanam pohon besar atau membuat tanaman rambat khususnya di area Barat rumah. Selain menghijaukan dan mempercantik tampilan rumah, tanaman juga dimanfaatkan untuk meredam panas cahaya matahari.

Kurangi penggunaan barang penyebab panas

Untuk melindungi rumah dari panas, khususnya pada siang hari, sebaiknya kurangi pemakaian elektronik seperti penggunaan peralatan elektronik dapur, hair dryer, komputer dan peralatan elektronik lainnya.